IKLAN

April 19, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Aneka Kuliner Warga Desa Jango Tembus Pasar Luar Daerah

3 min read
kuliner khas lombok

PRAYA – Sejumlah produk yang dihasilkan usaha kecil dan menengah (UKM) di Desa Jango, Kecamatan Janparia, Lombok Tengah (Loteng) tembus pasar luar daerah.

Adapun produk aneka kuliner dibawah pembinaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Mekarsari Jango Maju itu diantaranya, aneka kue basah, abon dan berbagai produk lainya.

Ketua Kelompok UPPKS, Nurhayati menyatakan, dalam UPPKS ini beranggotakan sepuluh orang. Dimana, sepuluh orang ini setiap hari membuat aneka macem kuliner seperti kue dan kuliner makanan lainnya.  “Setiap hari kami membuat aneka kuliner untuk membantu ekonomi masyarakat,” katanya, kemarin.

Ia menyatakan, untuk pemasaran produk kuliner ini, selain di toko-toko terdekat bahkan sampai keluar Daerah seperti di wilayah Makasar, Sumbawa, Bali.  “Omset hasil jualan kuliner ini sekarang sudah mencapai puluhan juta dalam satu bulannya,” ujarnya.

Menurutnya, dengan diminatinya produk kuliner ini, sekarang masyarakat juga saat ini berlomb-lomba untuk menghasilkan produk yang berdaya saing agar mampu menembus pasar luar daerah.  Termasuk pada saat masa pandemi Covid-19 ini.

“Kami juga pasarkan produk-produk unggulan UKM ini melalui online,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Loteng, AKBP Esty Setyo Nugroho menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi warga yang membuat produk kuliner pada musim pandemi korona ini. Sebab, dengan hasil kuliner itu akan sangat membantu ekonomi maayarakat.

“Kami tekan pada masyarakat. Selain untuk tetap menaati protokol kesehatan. Namun bisa kreatif untuk menghasilkan produk yang bisa menghasilkan ekonomi mereka,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.