IKLAN

April 19, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Bupati Sebut Talas Bening Punya Prospek Ekonomi Luar Biasa.

4 min read

Tanjung, –Dalam rangka memajukan perekonomian masyarakat Lombok Utara melalui sektor pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) bekerjasama dengan PT. Petaning Karya Mulia dan PT. BEST (Bandung Eco Sinergi Teknologi) menggelar penanaman Talas Bening, berlokasi di Dusun Kertaraharja Desa Genggelang Kecamatan Gangga, pada Jum’at (4/3).

Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH

Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH hadir menanam secara simbolis bibit pohon Talas Bening didampingi Wakil Direktur PT. Petaning Karya Mulia Endang Lestari, S.Psi, Anggota DPRD KLU Hakamah, Kepala OPD terkait serta para undangan.

Dikatakan bupati, komoditi Talas Bening memiliki prospek yang bagus bagi masyarakat kita pada masa mendatang sehingga diharapkan tanaman talas mampu mendongkrak perekonomian.

“Pohon talas bening tidak hanya penghasil umbi-umbian saja melainkan daunnya juga bernilai ekonomi bagi masyarakat yang digunakan sebagai bahan baku rokok herbal non nikotin,” terangnya

“Melihat dari kultur tanah yang ada di daerah kita, komoditi talas bening ini sangat cocok dan punya prospek yang luar biasa ,” jelasnya.

Saat Bupati Klu dan Masyarakat Petani Menanam Bibit Talas Bening

Bupati Djohan menambahkan, dengan budidaya tanaman talas sedikit demi sedikit potensi bidang pertanian di Lombok Utara mulai nampak. Oleh karena itu, harapan pemerintah daerah masyarakat bisa memanfaatkan potensi lahan dengan terus mengembangkan lahan pertanian sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga mengajak generasi muda memajukan Lombok Utara melalui sektor pertanian seraya meyakini SDM yang dimiliki anak muda bisa sukses pada bidang pertanian.

“Semoga anak-anak muda sebagai generasi penerus kita berpikir cerdas dan mampu memberikan kontribusi dibidang pertanian,” pungkasnya.

Kepala Dinas KP3, Tresna Hadi, S.Pt

Sementara itu, Kepala Dinas KP3 Tresna Hadi, S.Pt menuturkan, untuk menjalin kerjasama yang baik maka nantinya akan ditindaklanjuti dengan MoU antara petani dengan pihak PT. Petaning Karya Mulia. Dalam salah satu perjanjiannya, sebut Tresna, seluruh hasil panen Talas Bening akan dibeli oleh pihak PT. Petaning.

“Talas Bening ini adalah komoditas baru di Lombok Utara dikembangkan oleh PT. Petaning Karya Mulia. Kedepan ini akan menjadi alternatif bagi para petani di tengah situasi pandemi Covid,” imbuhnya.(@ng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.