IKLAN

April 19, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Danrem 162/WB Nara Sumber Rakornas BNPB Tahun 2021

4 min read

JAKARTA,Lombokhijaunews.com – Danrem 162/Wira Bakti (WB) Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani menjadi salah satu Nara Sumber pada hari kedua Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Rakornas (PB) yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Hotel Sari Pan Pasifik, Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Rakornas PB 2021 hari kedua digelar secara tatap muka bagi para narasumber dan melalui media daring bagi para peserta dari Kementerian/Lembaga, Kepala Daerah seluruh Indonesia, BPBD seluruh Indonesia, Akademisi, Komunitas, Dunia Usaha dan Relawan se-Tanah Air.

Presiden RI Ir. Joko Widodo, pada hari Rabu (3/3/2021), secara langsung membuka Rakornas BP ini di Komplek Istana Kepresidanan yang diikuti secara virtual oleh seluruh Kepala Daerah, Pangdam dan Danrem serta pimpinan Lembaga negara terkait. Pada Rakornas PB 2021 hari kedua tersebut mengangkat tema Knowledge Sharing “Bencana Geologi, Gempa Bumi, Tsunami, Erupsi Gunungapi”.

Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani dalam penyampaiannya mengatakan, pengalaman penanganan bencana gempa di Lombok dapat dijadikan barometer keberhasilan Pemeritah Pusat, Pemerintah Daerah, TNI-Polri dan seluruh instansi pemerintah , LSM dan relawan serta komunitas organisasi masyarakat dalam mengatasi dan memulihkan kondisi pasca bencana.

“Pemulihan kondisi pasca bencana tersebut tidak bisa hanya dilakukan oleh satu atau dua Instansi saja, tetapi seluruh stake holder dari pemerintah yang dibantu oleh LSM dan relawan harus bersinergi bukan saja rekontruksi dan rehabilitasi tetapi juga membantu masyarakat yang terdampak bencana melalui trauma healing, “ jelasnya.

Pada sesi tersebut, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani didampingi Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB Zainal Abidin dengan moderator Kabid Humas BNPB Udrech.

Diungkapkan lebih lanjut oleh Danrem, penanggulangan pasca bencana di NTB, TNI membentuk satuan tugas dengan melibatkan satuan Zeni TNI bagi evakuasi maupun rekonstruksi dalam tiga gelombang Satgas.

“TNI dalam penanganan Bencana Alam di NTB selain menyelamatkan korban gempa, juga telah membangun sebanyak 226.303 unit Rumah Tahan Gempa diperuntukan bagi tempat tinggal masyarakat yang terdampak gempa dan membantu pemulihan perekonomian masyarakat, “ ungkapnya.

Hadir secara langsung memberi arahan dan paparan masing-masing Menteri Koordinator Bidang Kemaritimian dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, Kepala Badan Geologi ESDM, Eko Budi Lelono, Kepala BPPT Hammam Riza, perwakilan Kementerian PUPR serta Lembaga terkait.Dar/Lhn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.