IKLAN

iklan

Screenshot_20200810_112732_com.whatsapp
Screenshot_20200810_114739_com.whatsapp
Screenshot_20200810_114758_com.whatsapp
July 3, 2022

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Harus Aktipkan Kembali (PIKP) Dan (KIM)

3 min read

Sejak bergulirnya sistem otonomi daerah dan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, Pemerintah Daerah juga mengemban tugas untuk mengelola sistem Informasi Daerah, karena hal penting dalam mendukung pembangunan di Daerah khususnya Kabupaten Lombok Utara yang salah satunya meningkatkan pemberdayaan kelompok informasi masyarakat.

“Kelompok Informasi Masyarakat”, sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi terutama informasi yang positif bagi masyarakat. Artinya KIM yang dibentuk oleh masyarakat harus dapat berguna juga bagi masyarakat”.

Terlebih lagi Bupati dan Wkl. Bupati sudah berkali melalui forum resmi mengatakan “Semua kegiatan kegiatan Pemda KLU Harus terpublikasi sampai kemasyarakat dan Terdokumentasi dengan baik”

Berangkat dari pernyataan Bupati ini, maka seharusnya Kominfo lebih aktif menggerakkan kembali KIM yang sudah terbentuk sejak tahun 2015.

Perkembangan teknologi saat ini begitu cepat, hal ini sejalan dengan informasi yang didapatkan masyarakat dan untuk itu diperlukan kearifan dalam memanfaatkan teknologi, agar informasi yang sampai kepada masyarakat merupakan informasi yang baik dan positif.

Terdapat 23 KelompokInformasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Lombok Utara sejak tahun 2015 dan terakhir pada tahun 2017.

Keberadaan dan pemberdayaan KIM di daerah merupakan kewajiban Kominfo sebagai penyampai informasi dan penyalur aspirasi masyarakat dapat berdaya, mandiri dan mampu mengatasi permasalahan di masyarakat,

KIM merupakan sarana efektif pendukung transformasi digital dan perannya dalam mendung transformasi digital, serta pola kemitraan informasi di daerah dalam menghasilkan produk literasi yang mencerdaskan masyarakat khususnya Lombok Utara.

“Transformasi digital menjadi salah satu instrumen yang efektif jika Pemda mampu memaksimalkan peran dan tugasnya dalam mendukung serta menyiarkan berbagai kebijakan pembangunan daerah. (ang/LHN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.