IKLAN

April 18, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Ditengah Pandemi Covid 19 Warga Dusun Gol Panen P2L

6 min read

Tanjung,  Lombokhijaunews.com– Ditengah situasi mewabahnya pandemi virus Corona hingga saat ini, bisa terpastikan persoalan pangan dan ketahanan pangan keluarga menjadi trending topik isu yang tidak kalah menariknya dengan isu covid itu sendiri.

Menjawab persoalan pangan ditengah terpaan pandemi Covid-19 saat ini, tentu peran sektor pertanian akan menjadi garda terdepan untuk memberikan jawaban.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Sugiartadi, SP, mengatakan, “berdasarkan Undang –undang No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Kabupaten Lombok Utara dalam mengimplementasikan Undang – Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan di atur dalam Peraturan Daerah Nomor 12 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Pernagkat Daerah”, maka urusan pangan dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan,Pertanian dan Perikanan (DKPPP -KLU), setidaknya ada 5 kegiatan yang sedang berjalan pada tahun 2021, yaitu : Program Pengembangan Konsumsi dan Penganekaragaman
Program Pengembangan Pengawasan, Kerjasama dan Informasi Keamanan Pangan,
Program Pengawasan dan Pengujian Pangan Segar, Program Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Program Distribusi dan Cadangan Pangan.

Sugiartadi, SP, saat melakukan monitoring ke sejumlah delapan (8) titik progeram P2L yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Utara Rabu 13/10-2021.

Salah satu program yang mendukung ketahanan pangan sebagai sumber pangan keluarga adalah program pengembangan Konsumsi dan Penganekaragaman dengan kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Kegiatan ini merupakan program kerja yang digagas oleh kementrian pertanian yang digerakan sejak tahun 2010 dengan nama Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang dilaksanakan didaerah oleh oleh Dinas DKPPP kabupaten Lombok Utara.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk penanganan daerah prioritas intervensi stunting dan /atau penanganan prioritas daerah rentan rawan pangan atau pemantapan daerah tahan pangan. Kegiatan ini dilakukan melalui pemanfaatan lahan pekarangan, lahan tidur dan lahan kosong yang tidak produktif, sebagai penghasil pangan dalam memenuhi pangan dan gizi rumah tangga, serta berorientasi pasar untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga. Untuk itu Mentan dalam berbagai kesempatan meminta kepada seluruh pemerintah daerah dari gubernur hingga tingkat desa, agar mendorong pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga.

“Manfaat Pekarangan Pangan Lestari (P2L) antara lain, Pemenuhan Pangan dan Gizi keluarga, Peningkatan Perekonomian/pendapatan keluarga
Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penanganan rawan pangan dan gizi “.

Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) terbukti mampu membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga ditengah merebaknya wabah covid 19 yang terjadi saat ini,tuturnya.

Senada dengan Kepala UPTD Tanjung, Aki Suharti, S.Pt, yang didampingi PPL, Sofian,S.Pt dan Kepala Seksi Bidang Penyuluhan, I Made Dody Ardika, mengatakan, ternyata sangat dirasakan manfaatnya oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) “PadaMara”, Dusun Gol, Desa Medana, Kecamatan Tanjung yang merupakan salah satu binaan Dinas Ketahanan Pangan,Pertanian dan Perikanan KLU dalam kegiatan P2L.

Ketua KWT Hj. Kartini mengungkapkan manfaat kegiatan P2L saat pandemi ketika ada social distancing dan pembatasan kegiatan “ dikala tidak boleh keluar kelompok saya panen terus walau dengan skala kecil/sedikit, saya kalau membutuhkan cabe, sayur tinggal petik dipekarangan dan untuk ikan lele tinggal ambil saja , bahkan saya bisa menjual bibit sayuran ke warga sekitar “ katanya.

KWT “PadaMara” ini adalah salah satu kelompok yang telah mendapatkan bantuan program kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dari Kementrian pertanian pada tahun 2021, dengan jumla

anggota KWT yang berjumlah 30 orang ini mempunyai lahan demplot yang dikerjakan bersama, tuturnya pada wartawan media ini, Rabu 13/10-2021. (@ng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.