IKLAN

March 29, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

DKP3 KLU, Bidang Perikanan Serahkan Bantuan Mesin dan Alat Pancing Kepada KUB Saka Bahari.

3 min read

Tanjung, KLU — “Bantuan alat tangkap perikanan diserahkan kepada Kelompok Usaha Bersama Saka Bahari (KUB SB), dusun Sembaro Desa Genggelang Kecamatan Gangga, 01/07 – 2022.

Kepala Bidang Perikanan DKP3 KLU, Sugiartadi, Sp, dalam penyampaiannya mengatakan bantuan tersebut merupakan dana Pokok Pikiran (Pokir) atau dana aspirasi, yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lombok Utara sebesar Rp 34.225.000.

Sugiartadi menyebutkan bantuan berupa mesin ketinting Lima (5) unit, alat pancing tongkol 15 unit dan 1 perahu (sampan).

Potret Beberapa Bantuan alat tangkap perikanan Yang Diberikan Dinas DKP3 KLU Kepada Kelompok Usaha Bersama Saka Bahari (KUB SB).

“Jadi bantuan ini sesuai dengan kebutuhan kelompok nelayan dan diharapkan bantuan ini digunakan sebaik-baiknya dan tepat sasaran,” pintanya. Pengelolaan bantuan alat nelayan ini agar dikelola secara bersama, dipelihara bersama untuk kepentingan bersama pula, tandas Sugirtadi. Jika ada hasil tangkapan juga harus disisihkan untuk pemeliharaan dan pengembangan kelompok usaha bersama, sehingga kedepan dengan pengembangan ini bisa beli mesin sendiri untuk anggota yang belum memiliki.

“Kalau bantuannya itu sesuai kebutuhan masyarakatnya dan pengusulannya dari masyarakat langsung ke pemerintah, diharapkan pihak Dinas DKP3 Bidang Perikanan sebatas memfasilitasi usulan tersebut,” pungkasnya.

Saat Perwakilan dari Dinas DKP3 KLU Bidang Perikanan, Menyerahkan Bantuan Alat Tangkap Perikanan Kepada Ketua Kelompok Usaha Bersama Saka Bahari (KUB SB) Pada (1/7 — 2022).

Ketua Kelompok Usaha Bersama “Saka Bahari” (KUB SB), Jaya Ruslan (31) merasa terbantu dengan adanya bantuan mesin dan alat pancing serta perahu (sampan) dari pemerintah daerah melalui IPD DKP3 KLU. Jaya Ruslan berjanji didepan anggota dan petugas dari dinas untuk memanfaatkan sarana bantuan bersama anggotanya.
Selama ini diakuinya oleh Jayadi Ruslan masih menggunakan alat tradisional seadanya, sehingga hasil tangkapan sangat minim. Mudah mudahan dengan adanya tambahan sarana bantuan ini, kelompok yang di pimpin Jayadi akan semakin bergairah dan lebih baik kedepan, harapnya. (@ng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.