IKLAN

October 1, 2022

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

DKP3 KLU Bintek KWT Putri Resilam Hasilkan Prodak

6 min read

Tanjung, Lombokhijaunews.com– Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lombok Utara KLU laksanakan bimbingan tehnis pengolahan hasil pangan lokal.

DKP3 KLU dalam tugas membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah pada tugas pembantuan di bidang ketahanan pangan, pertanian dan perikanan.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Dinas Ketahanan Pangan , Pertanian dan Perikanan menyelenggarakan fungsinya dalam perumusan kebijakan daerah di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan.
Selain itu, DK3P pada pelaksanaan kebijakan daerah di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan dan
Perumusan kebijakan di bidang prasarana dan sarana, tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan dan kesehatan hewan, penyuluhan pertanian dan perikanan yang meliputi
mengembangan prasarana ketahanan pangan, pertanian dan perikanan,

Ada juga peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang ketahanan pangan, pertanian dan perikanan;
Pelaksanaan administrasi dinas ketahanan pangan, pertanian dan perikanan, dan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

DKP3 Bidang Ketahanan Pangan mempunyai tugas menyusun kebijakan, pemberian pendampingan serta pemantauan dan evaluasi di bidang ketersediaan, distribusi dan konsumsi pangan dan untuk melakasanakan tugas tersebut, bidang ketahanan pangan menyelenggarakan salah satu fungsi yaitu, melaksanakan bimbingan tehnis pengolahan hasil pangan lokal.

Mengawali penyampaian Kepala UPTD Kecamatan Kayangan, Lalu Syaiful Bahri, SPT,dalam penyampainnya mengatakan, kegiatan bitek ini merupakan kegiatan yang sudah terencana kepada empat desa perwakilan KWT Kecamatan Kayangan yang di pusatkan di kelompok wanita tani (KWT) Putri Resilam dusun Beraringan Kamis 18/11 -2021.

Bimtek bertujuan menambah keterampilan KWT dalam sumber daya lokal yang ada di sekitaran tempat tinggal kita, untuk di olah menjadi makanan atau prodak yang bisa pasarkan untuk menujang ekonomi rumah tangga,katanya.

Senada dengan Kasi Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Muhammad Gulillizan,SP, menyebutkan, destinasi wisata lokan yang dipusatkan di Pantai Beraringan dan tersedianya tempat tempat lapak dasebagainya menjadi bagian tempat pemasaran prodak pertanian,sebagaimana tujuan bintek kita pada hari ini, tuturnya.

Gurilliazan menambahkan,
Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas petani di selama dua hari dilakukan di dua tempat yaitu di Desa Senaru dan Dusun Beraringan Desa Kayangan Hadi ini, Kamis 18/11-2021 yang di ikuti oleh masing masing 30 orang, ungkapnya.

Kabid Ketahanan Pangan, Sugiartadi, SP, atas nama Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan mengatakan, “Tujuan Pelaksanaan Bimbingan Teknis diharapkan mampu menambah pengetahuan peserta serta meningkatkan kemampuannya dalam melahirkan prodak atau olahan berupa jajan dari bahan lokal seperti ubi jalar dan lainsebagainya.

Produk hortikultura seperti sayuran dan buah-buahan dan umbi impian merupakan produk perishable atau produk yang mudah mengalami kerusakan oleh karenanya penanganan pun harus dipikirkan agar tidak sia sia, dengan cara di olah sedemikian rupa menjadi jajan yang siap di pasarkan disektar lingkungan kita maupun ke luar.

Pemerintah daerah melalui DK3P KLU sangat mendukung moril maupun materil terus dilakukan guna menyukseskan dan memajukan masyarakat khususnya di dusun Beraringan sebagai destinasi wisata.

Progres program kegiatan bintek selama dua hari ini cukup berjalan baik di desa Senaru Bayan maupun dusun Beraringan deaa Kayangan inj, tutur Sugiartadi saat buka acara Bintek.

“Ini program gratis, kalau ibu-ibu tidak mengikuti dengan serius dalam penyampaian kami maupun peraktek ini nanti, maka sangat kita sayangkan, tutupnya.
Mengairi penyampaian Kabid Ketahanan Pangan dan Pertanian Sugiartadi membuka acara seraya mengucapkan Kegiatan Bimtek Kepada ibu ibu KWT dan P2L kita Buka Dengan Mengucapkan “Bintek KWT Dusun Beraringan Bismillahhirrahmannirrahiim, Bintek KWT Putri Resilam Dusun Beraringan Dibuka Kamis 18/11 -2021”.
(@ng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.