IKLAN

March 29, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Dua Hari Berselang Setelah Rapat Koordinasi, Sat Pol Pp Kemabali Sosialisasi DBH – CHT Secara Masif

3 min read

Tanjung, Lombokhijaunews.com — Sosialisasi yang laksanakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol Pp – KLU) di Kantor Desa Tanjung dalam rangka mengoptimalkan penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT) di Kabupaten Lombok Utara, Kamis (21/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala Satpol PP Totok Surya Saputra, SH.MH, menyampaikan, sosialisasi DBH-CHT dilakukan secara masif di wilayah Kabupaten Lombok Utara.

Lebih lanjut Totok menjelaskan, tujuan dilaksanakannyasosialisasi DBH-CHT ini berkaitandengan peraturan perundang-undangan terkait tembakau dan penggunaan, pemantauan serta evaluasi DBH-CHT. Selanjutnya kemudian mengarahkan masyarakat untuk bagaimana penggunaan dana DBH-CHT ini.
Disamping itu, lanjut Totok, untuk masyarakat, bagaimana prosedur dalam mengurus perizinan dalam rangka melegalkan perdagangan rokok yang masih belum di lekatkan dengan cukai.

Adapun sasaran dari kegiatan tersebut adalah tokoh agama, tokoh masyarakat, perangkat desa, petani tembakau, pengusaha tembakau, serta pedagang-pedagang di pasar maupun di toko yang menjual produk hasil tembakau.

Plt. Kasat Pol PP ini juga menyampaikan, ‘Sosialisasi tatap muka secara langsung ini baru pertama kali dilakukan dan bertempat di Desa Tanjung ini”,ungkapnya.

Seiring dengan kegiatan sosialisasi ini juga melalui baliho, yang mana sudah dilakuakn pemasangan di lima titik kecamatan se-KLU. Media sosialisasi berikutnya adalah dengan menggunakan media pemberitaan melalui ling media online, tuturnya.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, kami berharap kedepan tidak ada lagi perdagangan rokok ilegal di KLU dan pedagang ketika berusaha bisa menerapkan prinsip perundang-undangan di bidang cukai tembakau. Serta apabila melakukan usaha, harus memiliki izin yang telah dikeluarkan oleh Bea Cukai,” harapnya. (@ng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.