IKLAN

March 29, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Hari Kelahiran Pancasila, Satlat 1 Macan Latsitardanus XLII Adakan Kegiatan Donor Darah.

5 min read

Tanjung, KLU — Bertepatan dengan Hari Lahirnya Pancasila, peserta latihan Satlat 1 Macan Latsitardanus XLII mengadakan kegiatan donor darah bertempat di Kolat Satlat 1 Macan Latsitardanus XLll, Desa Jenggala, Lombok Utara, didukung oleh Tim PMI Lombok Barat, Rabu (01/06/2022).

Para Warga Terlihat Antusias Mengikuti Kegiatan Donor Darah Yang Diadakan Satlat 1 Macan Latsitardanus XLll pada (1/6 – 2022).

Kegiatan Donor Darah ini dibuka untuk umum, sehingga banyak warga sekitar yang tertarik untuk ikut serta mendonorkan darahnya. Tidak hanya warga, namun peserta Latsitarda XLII juga ikut mendaftarkan diri, baik dari taruna Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Kepolisian, IPDN, dan Mahasiswa Universitas di Lombok Utara, yang tersebar di kolat maupun kompi – kompi latihan di wilayah Lombok Utara.

Sebelum kegiatan Donor Darah dimulai, Komandan Satuan Latihan, Mayor Arm Deby Irawan, memberikan sambutan kepada para peserta, “Saya mengucapkan terimakasih kepada para peserta maupun warga yang telah mengikuti kegiatan donor darah ini, semoga darah yang telah didonorkan dapat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan dan menjadi amal jariyah bagi kalian.”

Ini merupakan kegiatan yang sangat positif, sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama. Jujur saja, kegiatan donor darah di daerah ini masih jarang dilaksanakan, sehingga ini menjadi kesempatan baik yang sayang untuk dilewatkan.

Peserta yang telah terdaftar kemudian mengisi blanko biru berisi data diri. Setelah itu, akan dilaksanakan pengecekan kondisi secara umum dilanjutkan tes darah awal untuk mengetahui apakah calon pendonor diperbolehkan untuk mendonorkan darahnya. Apabila memenuhi syarat maka donor darah dapat dilakukan.
Secara umum, para warga dan peserta Latsitarda yang mendaftarkan diri, berpendapat bahwa mereka sebetulnya penasaran bagaimana kegiatan donor darah itu dilakukan, dan rata – rata dari mereka baru pertama kali melaksanakan kegiatan semacam ini. Mereka terlihat sangat senang dan antusias untuk mendonorkan darahnya. Tidak lupa, setelah selesai mendonorkan darah, pihak PMI juga memberikan makanan dan minuman sehat untuk menjaga stamina pendonor serta tetap stabil setelah diambil darahnya.

“Saya berterimakasih kepada teman-teman Latsitarda telah membantu kami menggerakkan kegiatan Donor Darah, sehingga dapat lebih banyak membantu masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Ketua Tim PMI, Bapak Hasyim.

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dengan diselenggarakannya kegiatan donor darah. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh, baik bagi orang yang mendonorkan darahnya maupun bagi orang – orang yang membutuhkan donor darah.
Sesuai dengan mottonya, yaitu “Darah Memberikan Hidup dan Sukacita” artinya bahwa darah yang kita donorkan tersebut dapat disalurkan kepada orang – orang yang sedang membutuhkan sumbangan darah serta menyelamatkan nyawa mereka, sehingga bisa kembali beraktivitas seperti biasa dan kembali berkumpul di tengah keluarga. (@ng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.