IKLAN

June 25, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Kasdam IX/Udayana Apresiasi Pelaksanaan TMMD Ke 120 Kodim 1614/Dompu

4 min read

DOMPU – Kepala Staf Kodam IX/Udayana Brigadir Jenderal TNI Hartono menutup TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 tahun 2024 Kodim 1614/Dompu di lapangan Desa Madaprama Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Jumat (7/6/2024).

Upacara penutupan TMMD ke 120 Kodim 1614/Dompu mengusung tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah” dihadiri oleh Kasrem 162/WB Kolonel Inf Susanto Lastua Manurung, Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, Kabagops Polres Dompu, perwakilan Kejari Dompu, Pengadilan Negeri Dompu dan anggota Forkopimda Dompu.

Usai menggelar upacara penutupan TMMD ke 120, Kasdam IX/Udayana dalam wawancaranya menyampaikan hasil TMMD ke 120 ini nantinya akan diserahkan kepada Kepala Daerah karena berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Program Pemerintah Daerah dalam TMMD harus selaras dengan program TNI AD seperti ketahanan pangan, penanganan stunting, penghijauan dan menunggal dengan air yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Menurutnya, pelaksanaan TMMD ke 120 di Kabupaten Dompu sudah sangat baik, beberapa kegiatan di luar program namun karena kolaborasi Pemda dengan Satgas yang bagus sehingga bisa diselesaikan seperti pembuatan MCK, pembuatan tempat sampah dan pembuatan sumur bor.

Brigjen Hartono juga memberikan apresiasi kepada Pemda Dompu yang telah mensupport dan bekerja sama dengan Satgas sehingga semua dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan.

Program TMMD ke 120 yang sudah dilaksanakan ini untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada pada masyarakat. Untuk itu, ia berharap program fisik yang sudah dibangun agar dipelihara dan dirawat sehingga memiliki masa pakai yang lama.

Sedangkan Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan mengatakan TMMD memiliki makna terdalam yaitu bagaimana koordinasi dan berkolaborasi antara TNI dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Adapun yang terlihat dalam program TMMD ini adalah nilai kebersamaannya yang utama khususnya dalam proses pengerjaan sasaran fisik untuk membantu Kesejahteraan masyarakat sehingga masyarakat harus merawatnya.

“Jadi harus bersama-sama (dalam merawatnya), bukan hanya Pemerintah yang menjaganya namun juga masyarakat harus ikut menjaga dan merawatnya,” ujar Syahrul.

Lebih lanjut Wakil Bupati Dompu juga berharap semoga kedapan program TMMD ini tetap berlanjut dan akan dilaksanakan di kecamatan yang berbeda di wilayah Kabupaten Dompu.

“Kita akan selalau bekerjasama dengan TNI untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat”, bebernya.

Terkait dengan sasaran fisik yang sudah dibangun, Pemerintah Daerah juga akan melakukan peningkatan pembangunan seperti jalan akan dilakukan pengerasan permukaan sehingga tidak rusak karena longsor.

Setelah penutupan TMMD, Kasdam IX/Udayana bersama rombongan didampingi Wakil Bupati Dompu dan Dandim 1614/Dompu melaksanakan peninjauan sasaran fisik di Desa Madaprama dan Desa Serakapi Kecamatan Woja. (LHN-02) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.