IKLAN

March 28, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Kerennnnn…..pemuda di desa Karang Disemen Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah membentuk satgas peduli lingkungan

2 min read

Lombok Tengah , Lombokhijau.com-Sekelompok pemuda di desa Karang Disemen Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah membentuk satgas peduli lingkungan, guna mengatasi persoalan sampah, yang sering dibuang sembarangan oleh masyarakat.

“Target mengelola sampah rumah tangga yg di buang sembarangan agar lingkungan Desa Wisata Karang Sidemen tetap asri,” ujar ketua satgas terpilih Efendi.

Untuk mencegah masyarakat yang buang sampah sembarangan, mereka akan melakukan sosialisasi serta memberikan edukasi ke masyarakat tentang cara pengolahan sampah dengan baik dan benar sehingga bisa menghasilkan nilai ekonomis.
Bedasarkan informasi banyak masyarakat yang tidak bertanggung jawab membuang sampah di sepanjang aliran sungai dan saluran irigasi, yag tentu saja sangat mengganggu pemandangan,” jelasnya.

Ditambahkan, pemerintah desa diharapkan segera menerbitkan peraturan desa (perdes) tentang pengelolaan sampah, sebagai payung hukum, untuk pemuda dalam menjalankan tugas penanganan sampah didesa.

“Tumpukan sampah plastic dan lain-lain kerap memenuhi saluran irigasi pertanian dan merusak pertanian warga, sehingga perlu adanya perdes untuk mengatur persoalan sampah ini,” tandasnya.Opk/Lhn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.