IKLAN

March 2, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

KLH – KLU Gelar WCDI (World Cleanup Day Indonesia) di Empat Dusun Lekok Desa Gondang.

6 min read

Tanjung, KLU — Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Utara gelar WCDI (World Cleanup Day Indonesia) di empat dusun dan pantai Sedayu Lekok desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Utara, Drs Rusdianto, M. Si, dalam penyampaiannya mengatakan, “Aksi sosial ini dinaungi dan digagas oleh organisasi independen Let’s Do It World yang berbasis di Estonia pada 2014 silam”.

Sejak tergabungnya Indonesia dalam WCD yakni tahun 2018-2021, WCD Indonesia terus memimpin di posisi puncak berdasarkan jumlah keterlibatan relawan secara global.

Berkaitan dengan hal di atas, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Utara mengadakan kegiatan WCDI (World Cleanup Day Indonesia) pada Hari Sabtu 17/9-2022 yang di pusatkan di empat (4) dusun yaitu, Dusun Lekok Selatan, Utara, Tenggara dan dusun Lekok Timur sampai ke Pantai Sedayu Desa Gondang Kecamatan Gangga.

Kegiatan yang di fasilitasi KLH KLU ini melibatkan Kades, Kadus,Kecamatan, Kader Posyandu Puskesmas Gangga, Organisasi OPAL KLU, Pokdarwis dan para siswa siswi Madrasah dan masyarakat umum.

Tak ketinggalan pula Bupati Lombok Utara, H Djohan Syamsu, SH, turut hadir memberikan saran dan motifasi kepada ratusan warga yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Rusdianto, menghimbau masyarakat secara bersama sama membersihkan sampah mulai dari halaman rumah masing masing rangka meningkatkan kepedulian dan kolaborasi semua elemen masyarakat tentang pentingnya kebersihan dan pengelolaan sampah.

Dalam penyampaiannya bahwa, WCDI (World Cleanup Day Indonesia) tahun ini diharapkan menjadi tempat untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong untuk mengendalikan perubahan iklim yang timbul dari sektor sampah ditingkat yang paling rendah.

Selain itu WCDI (World Cleanup Day Indonesia) 2022, diharapkan menjadi langkah untuk bergerak, bekerja, produktif, berkolaborasi dengan masyarakat membangun pengelolaan sampah yang lebih baik melalui berbagai upaya.

Ia menambahkan, “Aksi Cleanup dan Pilah di lingkungan masing-masing ini sebagai tindaklanjut surat dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun tanggal 22 Agustus 2022, Nomor: S.518/PSLB3/PUS/PLB.2/8/2022 tentang dukungan pelaksanaan kegiatan WCDI (World Cleanup Day Indonesia) 2022.

Bupati Lombok Utara, H. Djohan Syamsu SH.

H Djohan Syamsu dalam peyampaiannya menyebutkan WCDI (World Cleanup Day Indonesia) 2022 adalah sebuah gerakan sosial yang bertujuan mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk memiliki kesadaran membersihkan, menjaga dan memelihara lingkungan mulai dari diri sendiri, rumah dan masyarakat.

Tahun ini, WCDI (World Cleanup Day Indonesia) mengusung tema “Kami 13 Juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah”. Diharapkan sebanyak 13 juta relawan atau lima persen dari populasi masyarakat Indonesia dapat turut serta pada aksi tahun ini dan menjadi salah satu bagian dari sejarah aksi gotong royong pungut sampah terbesar di dunia yang akan dilaksanakan serentak 10 sampai dengan 25 September 2022.

Dengan difasilitasi kantong plastik sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup KLU, peserta jalan santai diminta untuk dapat memungut sampah plastik atau kaleng yang mereka temui di halan rumah masyarakat dan di perjalanan sampai menuju finish di pantai Sedayu Dusun Lekok Desa Gondang Kecamatan Gangga.

Pada kesempatan ini juga KLH KLU merangkaikan kegiatan Bersih Pantai dengan penanaman puluhan pohon pelindung berupa Ketapang Kencana dan Palm Ekor Tupai berukuran tinggi kurang lebih 2 meter dengan jarak tanam 5 sampai dengan 7 meter di sepajang jalan Pantai Sedayu dan kisaran kali sampai pinggiran Pantai Sedayu.

Puluhan kantong Planterbak dibagikan cuma cuma kepada masyarakat sebagai tempat sampah sementara di angkut dengan mobil Dumptruk ke TPA Jugil.

Usai kegiatan, Bupati melanjutkan perjalanan ke Senaru Bayan dalam rangka kegiatan Festival dan Fanbike (@ng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.