IKLAN

July 15, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Kodim 1615/Lotim Tanam Ribuan Mangrove Sambut HUT TNI ke 78

4 min read

LOMBOK TIMUR – Kondisi pesisir pantai tidak luput dari perhatian institusi TNI dalam menyambut HUT TNI ke 78 tahun 2023. Perhatian tersebut diwujudkan oleh Kodim 1615/Lotim dengan penanaman ribuan bibit pohon mangrove di pantai Makam Keramat Suci Dusun Kokoq Pedek Timur Desa Sugian Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur, Rabu (27/9/2023).

Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro bersama jajarannya menanam 1500 bibit pohon mangrove di Desa Sugian yang juga melibatkan beberapa instansi seperti Polsek, DLHK, FKPPI, Satpol PP, Komponen Cadangan, Dinas Kehutanan, Pemdes dan Pramuka serta Persit KCK Cabang Kodim Lotim.

Dalam wawancaranya, Dandim 1615/Lotim menyampaikan bahwa penanaman ini merupakan rangkaian kegiatan HUT TNI ke 78 yang dilakukan secara serentak di seluruh satuan TNI sebagai salah satu upaya pencegahan abrasi bibir pantai di wilayah masing-masing.

Dipilihnya pesisir pantai Makam Keramat Suci menurutnya, selain karena lokasinya bagus, juga belum tersentuh untuk pelestarian hutan mangrove sehingga perlu dilakukan penanaman pohon mangrove dan sekaligus menjaga kelestariannya.

“Penanaman ini juga dilakukan untuk mencegah pantai dari erosi dan gelombang air sehingga bisa menjaga wilayah pesisir dan daratan”, terang Bayu Sigit.

Ia juga mengungkap rasa syukur karena ia dan jajarannya bersama dinas terkait bisa terjun langsung untuk penanaman bibit pohon mangrove dengan harapan menjaga kelestarian hutan mangrove.

“Satu bibit pohon mangrove bermanfaat menjaga kelestarian lingkungan dan mahluk hidup disekitarnya,” tutupnya.

Sementara Kadis LHK Lotim H. Supardi mengatakan kegiatan penanaman mangrove kali ini luar biasa untuk mendukung dan menjaga kelestarian lingkungan di seputaran pantai untuk menghindari abrasi.

Terkait dengan penanaman mangrove, Kadis LHK menjelaskan Kabupaten Lombok Timur memiliki target sesuai rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) sebesar 62,60 dengan melihat indek kualitas lingkungan hidup (IKLH) luas penutupan lahan. Namun kata Supardi, saat ini baru mencapai target 61,88.

“kegiatan ini bagian dari penutupan lahan untuk memperluas lingkungan hijau,” ujarnya.

Kadis LHK juga berharap agar kedepan tetap memperoleh dukungan dari TNI khususnya Kodim Lotim karena sebelumnya juga sudah pernah melakukan penanaman bibit pohon mangrove di wilayah selatan dan sekarang bergeser ke wilayah utara. (LHN-02) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.