IKLAN

March 29, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

PELAKSANAAN RKPD KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN PERENCANAAN 2023.

3 min read

Tanjung, KLU — Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023 sebagaimana yang diamanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan daerah.

Hal ini disampaikan panitia penyelenggara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah BAPPEDA Kabupaten Lombok Utara, Parihin,S.Sos, Rabu 23 Maret 2022.

Maksud dan Tujuan secara umum pelaksanaan Musrenbang RKPD adalah untuk mewujudkan perencanaan pembangunan partisipatif yang dilakukan melalui pengintegrasian pengalaman, aspirasi, kebutuhan, potensi dan penyelesaiaan permasalahan serta untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa dan kecamatan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Daerah.

Sedangkan tujuannya adalah, mendapatkan masukan atas partisipasi masyarakat untuk penyempurnaan rancangan akhir RKPD, Mensinergikan usulan pembangunan Top-Down dengan Bottom-Up serta sebagai forum antar pemangku kepentingan.

Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Lombok Utara Tahun 2023 akan berlangsung selama 1 (satu) hari tanggal 23 Maret 2022 bertempat di Aula Bupati Lombok Utara, Aula Setda dan Aula Bappeda Kab. Lombok Utara.

Kaban Bappeda, Parihin menambahkan, Output yang diharapkan adalah teridentifikasinya prioritas permasalahan/isu Pembangunan di Kabupaten Lombok Utara dan tersedianya kesepakatan prioritas pembangunan daerah.

Peserta terdiri dari Perangkat Daerah
60 orang, BUMD3 orang, Organisasi Perempuan, 10 orang, Pelaku Kewirausahaan 20 orang, LSM/NGO
13 orang, Delegasi Kecamatan (Camat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat) 72 orang dan Narasumber, fasilitator dan tim panitia 22 orang.

Sumber pendanaan untuk pelaksanaan kegiatan musrenbang RKPD kabupaten Lombok Utara Tahun 2023 bersumber dari APBD Lombok Utara, serta dukungan moril dan materil dari semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, Untuk itu atas sumbangsih dan kerja kolaborasi ini, kami menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, ungkapnya. (@lbar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.