IKLAN

April 19, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Pelatihan Digitallisasi Branding, Untuk Pemasaran Penjualan Pada Desa Wisata.

7 min read

Tanjung, KLU — Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara, melalui Bidang PSDM, Fahman Toriki, SST. Par, MISTM, mengatakan, diadakannya Pelatihan Digitalisasi Branding, Pemasaran dan Penjualan
Pada Desa Wisata Homestay/Pondok Wisata,Kuliner,Souvenir, Fhotografi, di Hotel Amarsvati, 21 s/d 23 Juni 2022.
Fahman Toriki mengatakan, Telah digelarnya pelatihan digitalisasi, branding, pemasaran dan penjualan pada desa wisata, Kabupaten Lombok Utara.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari Kelompok Sadar Wisata, pengurus BUMDes, pemilik homestay, usaha kuliner, usaha souvenir dan fotografi di wilayah Kabupaten Lombok Utara.

Selama pelatihan mereka akan mendapatkan materi pemasaran digital dalam memajukan pariwisata berdaya saing, tahapan pengembangan pemasaran digital, fotografi untuk promosi digital dan bahasa promosi yang efektif dalam promosi digital oleh panitia yang terdiri dari Kepala Bidang PSDP Ekraf dan Kepala Dinas Pariwisata Kab. Lombok Utara.

Ada 7 narasumber yang di hadirkan diantaranya, Adhi Yulianto, M, mengatakan, pemasaran Digital dalam memajukan Pariwisata Ini menjadi penting dalam pemasaran digital. Beliau Memberikan Pemahaman Dasar Mengenai pengertian pemasaran digital dan perbedaan dengan pemasaran non digital/konvensional.

Kunci keberhasilan pemasaran digital.
Narasumber berikutnya Dr. Murianto, SST. Par, M. Par, mengatakan peserta memahami pentingnya pemasaran digital. Peserta juga harus memahami pengertian pemasaran digital dan perbedaan dengan pemasaran nondigital/konvensional. Mengetahui faktor penting dalam pemasaran digital, memahami saluran dan aplikasi digital yang dapat digunakan
untuk promosi dan penjualan produk pariwisata. Selain itu, peserta memahami tantangan pemasaran digital dalam memajukan pariwisata berdaya saing tinggi, memahami kunci keberhasilan pemasaran digital Dll.

Sementara Materi Lain Yang Diberikan Adalah Pokok – pokok materi fotografi dalam promosi digital. Prinsip – prinsip fotografi dalam promosi digital. Kamera telepon selular dapat digunakan untuk fotografi dalam promosi digital (kelebihan dan kekurangannya) Dll.

Adapun dalam hal teknik, diajarkan Teknik pengambilan gambar (pencahayaan, sudut pengambilan, zooming, dan lain – lain). Memilih foto yang baik dan menarik, disamping menyajikan dan mengelola foto dalam media promosi digital. Hal ini disampaikan oleh narasumber Adhi Yulianto, M.Sc, CHE
(Poltekpar Lombok dan Fotografer)
Ditambahkan olehnya adalah memahami prinsip-prinsip fotografi dalam promosi digital
pariwisata dan lain sebagainya.

Narasumber berikutnya, A. A Eka Putri Dewi, SST. Par (BPPD Lombok Utara),  Dr. Murianto, SST. Par, M. Par, Andi Wahyu Hidayat (THINQ Tourism Consultant) dan Alfian SPt, (Fotografer) memaparkan sesuai bidang yang sudah di susun oleh panitia.

Fahman Toriki, SST. Par, MISTM, Kepala Bidang PSDP Ekrap Dinas Pariwisata, Sekaligus Panitia Pelaksana Pelatihan Digitalisasi Branding.

Sementara fasilitator, yang tidak asing lagi, Fahman Toriki, SST. Par, MISTM, sekaligus Menjabat Kepala Bidang PSDP Ekrap Dinas Pariwisata, saat di temui wartawan media ini mengungkapkan kegiatan berlangsung selama tiga hari, melibatkan 50 orang peserta perwakilan di lima Kecamatan di Kabupaten Lombok Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelola destinasi dan daya tarik wisata agar dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemasaran pariwisata.

“Pelatihan ini diselenggarakan dengan metode 50% penyampaian materi, 20% diskusi dan kerja kelompok dan 30% kunjungan lapangan/ peraktik. Nantinya akan ada sesi diskusi dan evaluasi yang bisa menggali lebih banyak lagi permasalahan apa yang dialami sebagai pendukung sektor pariwisata,” ujarnya.

Sementara Sekdis Pariwisata Kabupaten Lombok Utara Ali Zulkarnain, S. MSI, pada acara penutupan mengatakan, “Sasaran dari pelatihan ini peserta mengetahui dan memahami pengetahuan dasar kepariwisataan serta pemasaran digital, mengetahui dan memahami tahapan pengembangan pemasaran digital serta mengetahui dan memahami pentingnya fotografi dan bahasa yang efektif dalam pemasaran digital,” katanya.

SEKDIS Pariwisata KLU, Ali Zulkarnain, S. MSI, saat Membuka dan Menutup Kegiatan Pelatihan Yang diadakan Pada 21-23 Juni 2022.

Menurut Ali Zulkarnain, digitalisasi merupakan langkah yang harus dilakukan terutama memperluas jangkauan pemasaran bagi suatu produk pariwisata dan faktor-faktor pendukungnya.

“Silahkan pergunakan forum ini untuk berdiskusi/sharing dengan narasumber tentang hal-hal yang bertujuan meningkatkan pemasaran dan penjualan pada desa wisata, homestay, kuliner, souvenir dan fotografi melalui kemajuan teknologi informasi,” pungkasnya. (@ng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.