IKLAN

March 28, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

DLH KLU Memperingati HPSN 2022, Kelola Sampah, Kurangi Emisi dan Bangun Proklim.

5 min read

Tanjung, — Menindaklanjuti surat edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor : SE.1/MENLHK/PSLB3/PLB.0/1/2022 tentang sampah Nasional tahun 2022.

Dinas LH bersama Dinas Perhubungan dan Organisasi Kemasyakatan (LSM) Kabupaten Lombok Utara melaksanakan kegiatan peringati HPSN yang di pusatkan di Desa Gili Air, Kecamatan Pamenang Kabupaten Lombok Utara.

Kepala Dinas LH, Drs Rusdianto, MSI didampingi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup DLH, H Husnul Ahadi mengatakan, sesuai isi dan surat dari Plt. Setda Nomor. 188.64/286/Setda/2022 tertanggal 9 Februari 2022 M/8 Rajab 1443H, dalam rangka memperingati Sampah Nasional (HPSN) pada tanggal 21 Februari setiap tahunnya.

Semua OPD di lingkup Pemda Kabupaten Lombok Utara di himbau untuk berpartisipasi melakukan mengurangi sampah misalnya, Penggunaan kemasan sekali pakai pada acara rapat/pertemuan, Penggunaan Botol/tempat minuman isi ulang, Melaksanakan pengelolaan sampah secara ramah lingkungan dengan cara tidak melakukan pembakaran sampah, Melakukan pemilahan sampah serta pengelolaan sampah dengan Reduce, Reuse,Reyele atau 3R, dan Melaksanakan gerakan kebersihan di lingkungan di masing masing OPD pada Hari Jum’at tanggal 18 Februari 2022.

Peringatan HPSN petama kali dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 21 Februari 2005 lalu dan menetapan tanggal tersebut untuk mengenang tragedi di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat. Pada peristiwa itu, sedikitnya 157 jiwa melayang akibat ledakan gas metana dari tumpukan sampah. Belajar dari kejadian tersebut, pengelolaan sampah merupakan hal yang harus dilakukan dengan serius, tutur H. Hari pada wartawan media ini Jum’at 18/2 – 2022. Tahun ini, HPSN mengambil tema ” Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim”.

Tujuan adalah memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi, disamping memperkuat partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi dengan gerakan memilah sampah.

Sampah² dimasukkan dalam kantong pelastik diangkut pakai Cidomo untuk di Naikkan ke dalam Tongkang dan dibuang ke TPA.

Kepala Dinas LH, tidak menapikan bahwa sampah selalu menyertai kehidupan yang berujung pada konsekuensinya pada penumpukan. Penanganan terlambat akibat keterbatasan armada dan tenaga operasional menjadi penumpukan sampah di masa pandemi memang kian meningkat, terutama ‘Sampah Covid’ seperti masker sekali pakai dll.

HPSN bisa dijadikan momen untuk meningkatkan kesadaran dalam penyelesaian masalah sampah. Kita bisa turut berkontribusi dalam pengelolaan sampah dengan mengurangi penggunaan barang sekali pakai dan memilah sampah berdasarkan jenisnya, tuturnya pada watawan media ini.

Dinas LH KLU mengerahkan semua staf dan sejumlah kader kader lingkungan beserta pokdarwis Desa Gili Indah. Hal sama juga dilakukan Kepala Desa Gili indah, Wardana, SE, dengan mengerahkan seluruh staf dan PKK, Kadus, RT hingga masyarakat Gili indah dalam kegiatan Bersih bersi sepadan pantai, jalan jalan Desa, RT, halaman rumah di Desa Gili Indah dalam rangka peringatan HPSN Jum’at 19/2-2022.(@ng).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.