Iklan

BPKAD Prov NTB

iklan

Screenshot_20200810_112732_com.whatsapp
Screenshot_20200810_114739_com.whatsapp
Screenshot_20200810_114758_com.whatsapp
October 25, 2021

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Pemda Lombok Utara Gelar Bimtek Dewan Hakim MTQ IX KLU

5 min read

Tanjung, — Bimbingan teghnis yang di selenggarLombokhijaunews.comakan oleh Kabag Kesra, Kabag Kesra, Alwi Agusto, S.Si., M.Pd dan dibuka langsung oleh
Ketua LPTQ, Plt Sekda, Drs H.Nurjati dan dipusatkan di Yonaris, Sabtu 25/9-2021.
Menurut Panitia Buntel Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Lombok Utara, Alwi Agusto, buntel Dewan Hakim MTQ IX Kabupaten Lombok Utara ini merupakan kegiatan tahunan sebagai agenda utama dalam pembinaan ahlakul karimah menuju masyarakat religius sebagaimana Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Lombok Utara yaitu “Lombok Utara Bangkit Menuju Kabupaten Yang Inovatif, Sejahtera, dan Religius”.
Sementara pada misi yang ke 2 Meningkatkan Kualitas Pendidikan Menuju Sumber Daya Manusia (SDM) yang Cerdas, Berbudaya, Berakhlak Mulia dan Relijius”. ungkapnya.
Untuk mewujudkan Visi dan Misi ini, lanjut ALWI – Red, maka tentu peranan MTQ sangat menentukan sebagai sarana untuk membumikan Al Qur’an sebagai pedoman dasar dan panduan dunia akhirat ke dalam jiwa sanubari manusia Lombok Utara, katanya.
“Al Qur’an tidak hanya sebagai bacaan, namun melalui membacalah sebagai awal peresapan hidayah ilmu ke dalam hati sanubari sebagaimana firman Allah dalam surat al Alaq”, tutur ALWI di depan segenap para undangan yang hadir.
Untuk kegiatan tersebut, maka tahap awal kegiatan ini adalah dengan memberikan Bimtek Dewan Hakam yang terdiri dari 50 orang Dewan Hakam pada cabang Tilawah dan tahfiz. Bertempat di Yonaris Café pada hari Sabtu 25 september 2021. Penekanan kegiatan kali ini adalah mengukur perkembangan peserta Lombok Utara untuk berjuang di tingkat yang lebih tinggi di level provinsi maupun internasional, sehingga bisa menentukan metode pembinaan secara efektif dan berkesinambungan baik dari tingkat Desa, Kecamatan maupun Kabupaten.


MTQ tingkat kabupaten akan digelar pada tanggal 11 -15 Oktober 2021 yang akan diselenggarakan secara sangat sederhana dengan mematuhi ketentuan penerapkan protocol Covid 19. Sedangkan pada pelaksanaannya nanti lebih ketat dari sebelumnya terutama pada perlombaan yang akan dibagi dalam 7 (tujuh) arena yaitu di Masjid Baiturrahim Islamic Center, Masjid Borok Samaguna dan Masjid Al Muttaqin Kandang Kaoq, (TPQ Nurul Hidayah).
Sementara 3 (tiga) arena lainnya akan di pusatkan di SMPN 1 Tanjung. Para peserta musabaqah nantinya tidak ada yang menonton melainkan di ruangan itu kafilah dan dewan hakam dan paniteranya, selebihnya masyarakat nantinya bisa menyaksikan melalui link atau zoom meraung atau melalui youtube channel yang disiapkan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Lombok Utara. Meskipun dilaksanakan dengan cara sederhana kita berharap kualitas hasil yang memuaskan dengan mengedepankan keadilan dan profesionalitas, kata Bapak ALWI.
Pelatihan Dewan Hakam ini dibuka secara resmi oleh Bapak Plt. Sekda Kabupaten Lombok Utara.
Plt. Sekda Drs. HR. Nurjati menyebutkan, “Pelatihan ini dimaksudkan agar para hakam di dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan prinsip dasar seorang hakam yaitu keadilan profesionalisme dan tidak pandang bulu dengan mengedepankan kualitas dan perofesionalitas untuk mencapai hasil yang maksimal”.
Turut dihadirkan dalam kegiatan ini antara lain, TGH.M.Zaini,SH (cabang tilawah), TGH.Basyirun M. Sholeh, M.Si ( cabang Tahfiz), TGH. DR. L. Muksin Efendi, MA (cabang Tilawah) dan TGH. Akhyar Muhsin,MM (cabang Tahfiz).(@ng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.