IKLAN

April 19, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Pimpin Upacara Pemakaman Militer Anggota TNI, Dandim Loteng: Tunai Sudah Janji Bakti

4 min read

Lombok Tengah – Komandan Kodim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., memimpin Upacara Pemakaman Militer jenazah Anggota TNI almarhum Pratu Yogi Tri Prastiyo, yang meninggal dunia karena sakit di tempat tugas. Upacara pemakaman tersebut berlangsung di Tempat Pemakaman Umum Dusun Karang Katon Desa Sukaraja Kecamatan Praya Timur, Jum’at 21 Januari 2022.

Komandan Kodim mengatakan upacara pemakaman militer merupakan wujud penghormatan kepada setiap prajurit TNI yang meninggal dunia. Hal itu juga sebagai bentuk penghargaan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, atas jasa-jasa serta darma bakti terhadap bangsa semasa hidupnya.

“Selamat jalan salah satu prajurit terbaik bangsa, tunai sudah janji baktimu. Atas Nama Negara, dan Tentara Nasional Indonesia, kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya disertai doa yang tulus,” kata Dandim.

Pada amanatnya, Komandan Kodim juga menyampaikan almarhum bertugas di Batalyon Infanteri Mekanis 521/Dadaha Yodha, yang berkedudukan di Jl. Ahmad Yani Kota Kediri, Jawa Timur, dan berada di bawah Komando Brigif Mekanis 16/Wira Yudha, Kodam V/Brawijaya. Almarhum berpangkat Prajurit Satu, NRP. 31170297550695 jabatan Tabancuk 1 Ru SLT 2 Ton SLT Kiban.

Namun karena telah meninggal dunia, demi kepentingan dan keluhuran Negara dan Bangsa pada hari Kamis tanggal 20 Januari 2022, Pukul 03.00 Wita, di Mess Spri Pangdam V/Brawijaya, Dandim menjelaskan jenazah almarhum dibawa pulang ke kampung halaman untuk disemayamkan.

“Dalam suasana duka, kita sama sama melaksanakan Upacara Pemakaman Militer Almarhum Pratu Yogi Tri Prastiyo yang telah meninggalkan kita karena sakit. Kita semua merasakan duka yang mendalam atas kepergian Almarhum, pada kesempatan ini saya selaku Inspektur Upacara menyatakan bela sungkawa yang sedalam dalamnya,” tutur Dandim.

Sebelumnya, ucap Dandim, Personil Kodim Loteng menyambut kedatangan jenazah almarhum di terminal Kargo BIZAM, Nusa Tenggara Barat, pada Kamis 20 Januari. Jenazah almarhum tiba di terminal kargo sekitar pukul 15.20 Wita menggunakan pesawat Lion air (JT 642 ) rute Surabaya – Lombok.

“Kedatangan jenazah di Bandara disambut puluhan prajurit TNI AD dan disaksikan langsung oleh pihak keluarga duka yang turut serta datang menjemput,” ujarnya.

Atas meninggalnya almarhum Pratu Yogi Tri Prasetya, Dandim juga mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya. Menurut Ia, dengan kepergian Almarhum berarti TNI telah kehilangan salah seorang putra terbaik bangsa yang selalu memegang teguh prinsip-prinsip perjuangan, setia kepada Negara, dan telah bekerja keras mengemban setiap tugas yang menjadi tanggungjawabnya.

“Semoga almarhum di terima amal baiknya, dan ditempatkan disisi Tuhan Yang Maha Esa, sesuai darmabaktinya. Kepada keluarga yang di tinggalkan, semoga diberikan ketabahan, kekuatan dan bisa menerima dengan berlapang dada serta teguh hati,” pungkasnya. (@lbar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.