IKLAN

April 18, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Seharusnya Pemda KLU Mengaktifkan Kembali Tim Covid -19 Satu Pintu

4 min read

Oleh : Jaharudin

Tanjung, Lombokhijaunews.com – Komitmen pemerintah daerah dalam mengatasi masyarakat terdampak covid 19 di Kabupaten Lombok Utara harus menciptakan suasana kondisi yang bebas atau setidaknya menurunkan zona orange covid 19 yang semakin kecendrungan meningkat. Kondisi ini seharusnya menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Lombok Utara untuk menggerakkan kembali tim covid 19 satu pintu agar bekerja lebih maksimal dan tidak cukup hanya oleh satu atau dua OPD .

Lombok Utara saat ini telah masuk dalam fase paling orange. Bukan saja karena menurunnya ekonomi masyarakat, dan pula karena bertambahnya penduduk miskin, berdasarkan pantauan, datanya dapat dilihat sebarannya sebagai berikut:

Situasi kritis yang dialami pemerintah lantaran harus berjibaku melawan penyebaran virus corona jenis baru atau dikenal dengan sebutan novel coronavirus.
Secara resmi virus ini oleh World Health Organization (WHO) disebut sebagai Covid-19 yang berarti “Covid” singkatan dari Corona Virus Disease, sedangkan angka “19” menunjukkan tahun munculnya virus tersebut.
Pemerintahan Kabupaten Lombok Utara sudah mengeluarkan kebijakan penanganan seperti lockdown dilakukan untuk mencegah masyarakat berkumpul dan berkerumun di tempat-tempat publik sehingga penularan menjadi lebih berisiko. Melakukan rapid test dan Vaksin kepada seluruh penduduk. Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk mendeteksi dan menguji seluruh penduduk yang berisiko terpapar Covid-19 sehingga mudah untuk penanganan segera.
Faktanya Lombok Utara termasuk salah satu zona orange yang belum juga menurun serta menghawatirkan dan harus berjibaku dengan segala kekuatan untuk bertanding cepat dengan Covid-19.
Virus ini melaju dengan cepat, menginfeksi siapa saja yang melakukan kontak dengan orang yang suspect di ibaratkan jaringan sosial, infeksi orang pertama akan menyebabkan orang-orang lain terinfeksi selama mereka melakukan kontak langsung seperti bersalaman.
Pola penularan virus ini tergolong unik, denga masuk melalui mata, hidung, telinga, dan mulut.
Kian hari, kasus Covid-19 semakin masif,(data terlampir) yang di dapatkan oleh penulis sebagian bersumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara pertanggal 23/7 , mengisyaratkan untuk mengaktifkan kembali tim civid – 19 sistem satu pintu leewr Satgas, dimana Tim covid 19 yang sudah di SK kan sudah berahir sejak 2020. Sejak bulan Januari 2021 hingga saat terkesan kurang efektip. Sisti satu pitu dengan melibatka OPD maupun unsur yang lainnya.
Selain itu pihak RSUD lebih inten lagi membuka informasi (updite) data terkinian sebagai bagian dari antisipasi dan penyebaran informasi melalui media. Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.