IKLAN

April 18, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Wabup Lombok Utara Buka FGD One Gate System Gili Tramena.

4 min read

Tanjung, KLU – Dalam rangka mendukung Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang mewujudkan penguatan tata kelola dan efektivitas pengelolaan yang berkelanjutan di Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN) Taman Wisata Perairan (TWP) Gili Matra, mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan One Gate System untuk Visitor Management System (VMS) yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Lombok Utara bertempat di Gili Gaya Gallery Pemenang (23/9). Hadir juga Asisten II Setda KLU H. Rusdi, ST., MT, Wakapolres KLU Samnurdin SH, Anggota DPRD Komisi II KLU Arif Usman, Kepala Balai Konservasi Perairan Kupang Imam Fauzi, Para Kepala PD serta tamu undangan lainnya.

Melalui kegiatan FGD Wabup Danny mengharapkan Visitor Management Sistem (VMS) mampu memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk memilih satu jalur masuk atau one gate sistem dengan tujuan agar terjaganya ketertiban keluar maupun masuk bagi wisatawan dari pelabuhan menuju ke tiga gili.

“Melalui VMS ini saya harapkan ketertiban jalur transportasi laut lebih tertata rapi dan lebih efisien untuk para wisatawan yang memilih Gili Tramena sebagai destinasi wisata kunjungan,”harapnya.

VMS bisa menjadi bagian dari regulasi yang ada untuk memudahkan tertib arus pola masuk bagi wisatawan agar tertuju pada satu pintu (one gate) dari Teluk Nara menuju kawasan pariwisata tiga gili.

Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto R ST, M.Eng.

Lebih lanjut kata Wabup Danny, masalah trasnportasi merupakan PR bersama yang harus kita perbaiki seperti pengaturan alur atau rute serta ketertiban serta keamanan bagi para wisatawan menjadi bagian dari tugas kita bersama.

“Dalam FGD ini fokus utama adalah mendukung efektifitas dan efesiensi VMS, diperlukan pendekatan one gate system sebagai akses awal menuju Gili Tramena,”ujarnya.

Ketua Komisi II DPRD KLU Arif Usman juga menyampaikan bahwa menjadi bentuk kepedulian bersama pemerintah masyarakat khususnya yang berada di tiga pulau yaitu Gili Trawangan,Meno dan Air.

Gili Tramena memiliki daya tarik bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara, dikarenakan Gili Tramena merupakan destinasi wisata yang sangat penting bagi KLU dan menjadi bagian dari tempat yang memberikan harapan serta manfaat yang baik bagi Masyarakat KLU.

Anggota Tim Kosnsultan PT. Duta Cipta Mandiri Lalu Nasrudin melaporkan FGD berfokus untuk mendukung efektifitas dan efesiensi VMS, dimana VMS untuk menggantikan sistem pendataan pengunjung secara manual sehingga mudah di akses oleh pengunjung atau wisatawan.

 

“Tujuan VMS adalah untuk mencegah resiko dari segala bentuk tindakan atau ancaman yang merugikan seperti tindakan kriminal, kebocoran data, kebocoran anggaran dan lainnya,”katanya.

Kegiatan FGD ini dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. (@ng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.