IKLAN

June 25, 2024

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Wabup Lombok Utara Buka Rakor Bentuk Satgas Penanganan Keselamatan Dan Pemanfaatan Kawasan Konservasi Gili Tramena.

4 min read

Mataram, NTB – Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto R, ST., M.Eng. membuka Rapat Koordinasi (Rakor) pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Keselamatan dan pemanfaatan kawasan konservasi di pulau Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air bertempat di Hotel Lombok Astoria, Selasa (15/11/2022). Tampak hadir juga Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Imam Fauzi, Kepala SAR Mataram Nanang Sigit, Para kepala PD terkait lingkup Pemda KLU, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wabup Danny mengapresiasi pihak BKKPN Kupang yang telah berinisiatif untuk Melakukan kegiatan pembahasan tentang keselamatan baik bersifat di darat maupun di laut khususnya dikawasan wisata Gili Tramena.

“Kami mengapresiasi kepada pemerintah provinsi maupun pusat serta pihak lainnya yang telah memberikan perhatian khusus ke kawasan wisata Tramena ini,” ucapnnya.

Danny Karter Febrianto R, ST., M.Eng, Wakil Bupati Lombok Utara.

Dihadapan peserta Workshop Wabup juga menuturkan, bahwa kawasan tiga gili masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) serta sebagai kawasan penunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sehingga membutuhkan dukungan yang luar biasa.

Dimana kawasan wisata Tramena menyuguhkan potensi yang sangat luar biasa baik dari segi pantai keindahan alamnya, sehingga menjadi daya tarik luar biasa para wisatawan yang datang, sekaligus menjadi sumber PAD terbesar bagi KLU.

Tantangan yang ada di tiga gili sangatlah banyak di antaranya meningkatkan infrastruktur dan meningkatkan sumber daya manusia.

“Harapan kita pada semua pihak terkait untuk tetap menjaga dan melestarikan tempat-tempat wisata di daerah khususnya Lombok Utara,”harapnya.

Ditempat yang sama juga Kepala BKKPN Kupang Imam Fauzi mengatakan workshop sebagai langkah awal untuk memulai memperhatikan aspek-aspek keselamatan dalam kawasan wisata diketiga gili.

“Dari sisi keselamatan masih sangat minim sehingga membutuhkan perhatian serius dari semua takeholder,”ujarnya.

Dimana kawasan wisata gili Tramena menjadi destinasi wisata nasional bahkan internasional sehingga penerapan aturan-aturan yang ketat dengan tujuan untuk meningkatkan rasa kenyamanan para wisatawan yang berkunjung.

Rakor sendiri berlangsung selama dua hari tanggal 15-16 November 2022 (@ng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.