IKLAN

iklan

Screenshot_20200810_112732_com.whatsapp
Screenshot_20200810_114739_com.whatsapp
Screenshot_20200810_114758_com.whatsapp
May 19, 2022

LOMBOK HIJAU NEWS

Independen Kritis dan Edukatif

Wakil Bupati Lombok Utara Serah Terimakan TPS 3R Di Dusun Kendang Mamben Desa Anyar Bayan

6 min read

Tanjung, — Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto Ridawan, ST., M.Eng menghadiri acara Serah Terima hasil pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) yang di pusatkan di Dusun Lendang Mamben Desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara Rabu19/1-2022.

 

Dany Karter mengatakan penganggaran TPS 3R bersumber dari dana DAK Reguler Kab Lombok Utara th 2021 yg besarannya masing masing Desa sebesar Rp 600 Juta.

Dana alokasi khusus tahun anggaran 2021 untuk tiga (3) TPS 3R yakni, Dusun Lendang Mamben Desa Anyar, Desa Akar Akar Kacamatan Bayan dan Desa Sokong Kecamatan Tanjung, masing masing sebesar enam ratus juta rupiah (Rp 600), ungkapnya.

“Kita harapkan desa-desa lainnya, menjadi contoh nantinya dan bank sampah di desa ini bisa bersinergi, harus bisa dimanfaatkan dengan baik” terang Wkl. Bupati Lombok Utara ini.

“Sampah kalau dikelola dengan baik bisa bermanfaat dan menghasilkan uang,” tambahnya. Adanya TPS3R ini nantinya akan menjadi pemicu untuk munculnya inovasi-inovasi lain terkait pengolahan dan pemanfaatan sampah.

“Kita berharap ini menjadi trigger bagi kita semua, terutama sekali bagi Desa dan Dusun untuk bisa memberikan sentuhan program di bidang persampahan ini” tambahnya.

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup KLH KLU, Drs Rusdianto,MM yang di dampingi Sekdisnya H Hsnul Ahadi bersama Kabid dan stap KLH.

Rusdianto dalam penyampaiannya mengatakan, timbunan sampah di wilayah Kabupaten Lombok Utara pertahun berkisar 30.000 ton dan menjadi PR bersama dalam penanganan.

“Pembangunan untuk Tiga unit TPS 3R yang di serah terimakan hari ini Rabu19/1-2022 ini dengan total anggaran sebesar 1,8 Miliar Rupiah, atau satu unitnya sekitar 600 juta, dan dengan metode pemberdayaan masyarakat” terangnya.

Dikatakannya, bantuan tersebut diwujudkan dalam bentuk pembangunan gedung dan sarana-prasarana penunjang operasional TPS 3R, pengadaan motor roda tiga pengangkut sampah, mesin pengolah sampah organik, dan pengayak kompos, serta sarpras pendukung lainnya” tambah Rusdianto.

Pihaknya berpesan kepada desa dan KPP agar operasional TPS 3R dapat berjalan dengan baik, berkelanjutan dan berkesinambungan, harapnya.

“Setelah dilaksanakan serah terima TPS 3R ini, kelompok pemanfaat dan pemelihara atau KPP memiliki tugas yang besar dalam penanganan persampahan di desa masing-masing” jelasnya.

“Pengembangan TPS 3R supaya tercipta operasionalisasi TPS yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

Diharapkan juga ada kolaborasi yang solid antara Kementerian PUPR, Pemerintah Kabupaten dan KPP TPS 3R dalam mensukseskan program Ini” pungkasnya.

“Sampah bagi sebagian orang masih dianggap sebagai bahan yang tidak berguna, paradigma inilah yang harus perlahan kita ubah menjadi pemahaman bahwa sampah itu dengan konsep 3R maka sampah itu bisa menjadi sesuatu yang kita manfaatkan”.

“Kepada Desa dan juga kelompok yang mendapatkan program ini agar betul-betul bisa memanfaatkan dengan baik disamping menjadi pionir dalam pengolahan sampah, pionir dalam mengembangkan paradigma baru terkait sampah”.

“Kita ingin nanti setahun-dua tahun kedepan, ingin mendengar Desa Desa yang memiliki TPS 3R menjadi pelopor bagi persoalan sampah” pungkasnya.

Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan serah terima berita acara dari Satker kepada Pemerintah Desa.

Hadir juga pada kesempatan tersebut, Staf Ahli, Simparudin, Kadis Kesehatan, dr. Abdul Kadir, Kadis apai, Kaharijal,ST, Kabid Peternakan ,dr Sarudu mewakili DKP3 KLU, Perwakilan OPD Perhubungan Camat Bayan, Denda, Peny Warni, SE, Kades Anyar, Ir Rusni, Kades Akar Akar, Akarman,S.Sos, Plt. Kades Sokong, Saiful, Kepala UPTD Bayan, Awaludin, S. Sos, UPTD Tanjung, Aki Suaharti, SP, Babin, Bimaspol dan Tiga Kelompok Masyarakat Pengelola Sampah, Berkarya Desa Anyar, Berikut Maju, Desa Akar Akar dan Wdan Bunga Teratai Desa Sokong). (@ng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Lombokhijaunews | Newsphere by AF themes.